Rabu, 02 April 2014

Tabita Ophilia R/041211233113
STRATEGI
Apa itu Strategi?
Strategi dapat didefinisikan sebagai penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran dari sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian tindakan serta alokasi dari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk melaksanakan tujuan tersebut. Salah satu pandangan bisa disebut planning mode (model perencanaan). Model perencanaan adalah cara yang paling tepat untuk melihat strategi.
Model Perencanaan
Pandangan tersebut menjelaskan strategi sebagai sebuah model perencanaan atau kumpulan pedoman eksplisit yang telah dikembangkan. Para manajer mengidentifikasikan arah tujuan dan mengembangkan rencana yang sistematis dan terstruktur dalam pencapaiannya.
Model Evolusi
Perspektif yang mengakui proses kompleks yang terlibat dalam pembentukan strategi. Modus Evolusioner adalah modus yang memandang bahwa strategi keputusan penting yang mengalir dalam arti lain berkembang dari waktu-waktu. Modus ini tidak memandang strategi sebagai rencana yang sudah sistematis
JENIS-JENIS STRATEGI
  • Corporate Level Strategy (Strategi tingkat perusahaan) Corporate level strategy menentukan peran apa yang harus dilakukan masing-masing bisnis di dalam organisasi.
  • Business Level Strategy (Strategi tingkat bisnis) Business-level strategy adalah strategi perusahaan yang melakukan multi bisnis, setiap divisi memiliki strategi masing-masing yang menetapkan produk dan jasa bagi perusahaan.
DIMENSI-DIMENSI STRATEGI
  • Inovasi dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang mengutamakan inovasi sebagai keunggulan bersaing. Strategi ini menciptakan ciri khas pada suatu produk atau jasa.
  • Differensiasi dalam Pemasaran,strategi ini mencoba menciptakan kesetiaan para pelanggan dengan cara memenuhi kebtuhan tertentu secara khusus.
  • Jangkauan (Breadth), merujuk pada luasnya pasar yang dilayani perusahaan; variasi pelanggan, luas geografi, dan jumlah produk.
  • Cost Control, memperhatikan sejauh mana organisasi itu mengontrol biaya secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya pemasaran yang tidak dibutuhkan dan memotong harga penjualan sebuah produk dasar.



TESIS STRATEGI-STRUKTUR CHANDLER
Chandler menemukan bahwa perusahaan yang dikajinya berawal sebagai struktur yang terpusat. Chandler pada dasarnya berargumentasi bahwa organisasi biasanya bermula dengan sebuah produk atau lini. Dengan mengikuti teori Chandler, maka struktur yang efisien bagi sebuah organisasi adalah dengan hanya satu strategi produk adalah yang sederhana, sentralisasi tinggi, formalisasi yang rendah, dan ompleksitas yang tinggi. Chandler memfokuskan diri pada pertumbuhan, bukan keuntungan, sebagai ukuran keefektifan.
TEORI STRATEGI STRUKTUR KONTEMPORER
Empat Jenis Strategi Miles dan Snow
Raymond Miles dan Charles Snow mengklasifikasikan organisasi kedalam empat tipe berdasarkan pada tingkat dimana mereka mengubah produk atau pasar. Mereka menamakan tipe ini Defenders , Prospectors , Analyzers , Reactors.
  • Defenders, mencari stabilitas dengan memproduksi hanya sejumlah produk terbatas yang ditukan pada suatu segmen sempit dari seluruh pasar yang potensial.
  • Prospector adalah kebalikan dari defender. Kekuatan mereka adalah menemukan dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar.
  • Analyzers, meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang untuk memperoleh laba. Strateginya hanya bergerak ke produk baru atau pasar baru, setelah keberhasilannya dibuktikan oleh prospector.
  • Reactors, yang tersisa dan menggambarkan sebuah organisasi yang mengikuti pola yang tidak stabil dan tidak konsisten. Ketika salah satu dari tiga strategi lainnya bekerja secara tidak benar Secara umum tanggapan reaktor tidak dapat diprediksi, berkinerja buruk dan sebagai hasilnya enggan untuk melibatkan diri secara agresif untuk strategi tertentu di masa depan.
Strategi Bersaing dari Porter
Manajer harus memiliki strategi agar dapat memberikan organisasi keuntungan kompetitif. Manajemen dapat memilih salah satu dari strategi, baik itu Cost Leadership(kepemimpinan harga) , diferensiasi dan fokus. Pilihan yang dipilih manajemen tergantung dari kekuatan organisasi dan kelemahan competitor. Focus Strategy (Strategi Fokus) bertujuan pada keunggulan biaya atau keunggulan diferensiasi dalam segmen yang sempit. Differentiation focus merupakan pihak manajemen akan memilih salah satu atau sejumlah segmen didalam sebuah industri da menyesuaikan strategi untuk pelanggan dan mengesampingkan yang lain.
HUBUNGAN INDUSTRI-STRUKTUR
Berhubungan erat dengan masalah dampak strategi terhadap struktur adalah peran industry sebagai determinan struktur. Strategi mungkin hanya merupakan sebuah tahapan tengah antara karakteristik yang unik dari sebuah industry dimana organisasi tersebut beroperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar