Nama: Aga Heraldika Purnomo
NIM: 041211232158
STRATEGI
Definisi strategi menurut Alfred Dupont Chandler Jr,”Strategi adalah determinasi dari tujuan jangka panjang dan tujuan perusahaan itu sendiri, juga penjelasan tindakan-tindakan yang berurutan dan alokasi sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.”
Bagaimana cara menyusun strategi? Definisi organisasi tidak dapat menjelaskan bagaimana perusahaan dapat menyusun strategi yang akan digunakan perusahaan, ada dua pendekatan yang digunakan, yaitu:
- Planning mode / rasional: yakni pandangan yang meyakini bahwa strategi adalah suatu perencanaan atau seperangkat panduan eksplisit yang disusun sebelum organisasi menggambil tindakan.
- Evolutionary mode / emergent, melihat bahwa strategi tidak mesti berupa suatu perencanaan yang sistematis dan terperinci. Mengambil keputusan strategis secara bertahap atau selangkah demi selangkah, sejalan dengan perkembangan organisasi itu sendiri, sebelum pada akhirnya menjadi suatu strategi yang utuh dan lengkap.
Kesimpulannya Strategi mempertimbangkan arah(proses) dan akhir. Tujuan dan keputusan untuk mendukung strategi organisasi dapat direncanakan sebelum perusahaan mulai bertindak atau terbentuk sesuai dengan pola yang ada sebagai akibat dari keputusan-keputusan yang signifikan.
TINGKATAN DALAM STRATEGI ORGANISASI
- corporate strategy,Untuk perusahaan atau organisasi yang memiliki lebih dari satu unit bisnis.Tujuan dari strategi korporat adalah mengidentifikasi dan mengimplementasikan sinergi di antara unit-unit bisnis
- bussines strategy.Pada level unit bisnis, masing-masing pengelola juga perlu menyusun strategi bagi unitnyaperusahaan multi-bisnis masing-masing divisi akan mengembangkan strateginya sendiri berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, kelompok konsumen yang menjadi sasaran, harga yang akan dipasang, dan seterusnya. Titik-beratnya adalah memperkuat daya saing unit bisnis.
- functional strategy. pada level yang lebih rendah, yakni level operasional kita menemukan pula strategi lain. Setiap fungsi di dalam suatu unit bisnis, biasanya merumuskan strategi tersendiri dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya
Pembahasan mengenai strategi dan struktur organisasi ini telah dikemukakan oleh Alfred Chandler pada tahun 1962. Alfred Chandler menjelaskan bahwa hubungan antara strategi dan struktur ini merupakan hasil penelitiannya terhadap hampir 100 perusahaan-perusahaan terbesar Amerika antara periode 1900-1950. Chandler menyimpulkan bahwa perubahan dalam studi korporat telah mendahului dan mengarahkan perubahan dalam struktur organisasi. Chandler telah menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang ia teliti telah memulai dengan struktur yang tersentralisir dengan karakteristik yang sangat dekat dengan sebuah mesin birokrasi (Robbins & Barnwell, 2002: 143-144).
Strategi pada gilirannya akan mempengaruhi struktur organisasi dengan penjelasan sebagai berikut:
- Strategi menentukan kegiatan-kegiatan organisasional, yang merupakan basis pokok bagi desain oerganisasi. Sebagai contoh , kegiatan-kegiatan dengan kreativitas dan kebutuhan teknis sangat tinggi mungkin desain organisasi tipe matriks.
- Strategi mempengaruhi pemilihan teknologi dan orang-orang yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut dan hal ini selanjutnya mempengaruhi struktur yang sesuai.
- Strategi menentukan lingkungan spesifikasi dimana organisasi akan beroprasi, ini juga mempengarahui struktur.
Menurut Chandler, perubahan dalam strategi sering membutuhkan perubahan dalam cara menstrukturkan organisasi, karena dua alasan (David, 2005), yaitu :
- Struktur menentukan secara luas bagaimana tujuan dan kebijakan akan ditetapkan,
- Struktur menentukan secara luas bagaimana cara mengalokasikan sumber daya.
Perubahan dalam strategi akan mengarahkan perubahan dalam struktur. Strategi sebaiknya dirancang dalam rangka memberikan fasilitasi pada pengejaran strategik dari sebuah perusahaan.
Tipologi Strategi Miles dan Snow (1978)
- prospectors adalah jenis perusahaan yang menggunakan strategi yang mementingkan pada inovasi, dan kreativitas untuk menciptakan produk baru atau pasar baru. Perusahaan berusaha untuk selalu menjadi pioneer dalam bersaing, dan rela mengorbankan internal efisiensi untuk berinovasi, dan kreasi. Strategi ini perlu dukungan dari staf yang benar-benar ahli, dan mempunyai kemampuan, sehingga praktik sumberdaya manusianya menekankan pada pencarian sumberdaya manusia yang mampu menciptakan perubahan, dan mempunyai kreativitas tinggi. Jika sumberdaya internal tidak memenuhi, organisasi akan rela mencari dari sumber eksternal meskipun dengan biaya tinggi.
- Defenders, yaitu organisasi yang menekankan penggunaan strategi stabilitas, dan kelangsungan hidup usaha. Perusahaan ini sangat mempertahankan inti bisnisnya atau core business, tanpa banyak melalukan perubahan. Perhatian pimpinan organisasi pada stabilitas jangka panjang.
- Analyzers, yaitu perusahaan yang menggunakan strategi diantara defenders, dan prospectors. Artinya perusahaan ini tidak terlalu berani mengambil resiko besar dalam berinovasi, tetapi tetap berusaha menciptakan keunggulan dalam pelayanannya kepada pasar.
- Reactors, yaitu jenis perusahaan yang lebih banyak ditekan oleh lingkungan, karena kurang memperhatikan adanya perubahan lingkungan dan sistem persaingan. Perusahaan jenis ini lebih mementingkan efisiensi, menekan biaya termasuk menekan pada sumberdaya manusia.
Strategi Bersaing Generik (Porter, Competitive Advantage)
Strategi generic ini dibedakan sesuai dengan keunggulan bersaing yang dimiliki dan target pasar yang dituju, yaitu :
- Strategi Keunggulan Biaya Menyeluruh (Cost Leadership)
Strategi ini, perusahaan berusaha untuk mencapai kemampuan biaya produksi dan distribusi yang paling rendah, sehingga dapat memberikan harga produk yang lebih rendah dari pesaing dan memenangkan persaingan dalam pangsa pasar yang besar.
- Strategi Diferensiasi (Differentiation)
Strategi ini, perusahaan lebih memusatkan pada usahanya dalam menciptakan ciri produk yang khas serta dalam program pemasaran , sehingga datat memenangkan persaingan dengan membuat citra yang khas pada konsumen.
- Startegi fokus (focus)
Strategi ini, perusahaan memusatkan usahanya untuk melayani sebagian kecil segmen pasar dan tidak melayani pasar secara luas. Usaha ini dilakukan dengan mengenali secara detail pasar yang dituju dan menerapkan keunggulan biaya menyeluruh atau diferensiasi pada segmen kecil tersebut.
Strategi Bisnis Perusahaan Multi Nasional (Christopher Bartlett & Sumantra Ghoshal) dikelompokan atas empat (4) strategi, yaitu :
- Strategi Multinasional; perusahaan induk memberikan kebebasan kepada anak perusahaan untuk mengembangkan produk dan praktek mereka sendiri serta senantiasa memberikan pelaporan keuangan (desentralisasi).
- Strategi Global; pengendalian ada di perusahaan induk (sentralisasi proses & database). Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar.
- Strategi Internasional; perpaduan strategi global (sentralisasi) dan strategi multinasional (desentralisasi). Strategi ini memerlukan suatu tim manajemen diperusahaan induk yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan menembus pasar global.
- Strategi Transnasional; perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat. \
HUBUNGAN STRUKTUR DAN INDUSTRI
Industri dimana organisasi beroperasi dipandang sebagai faktor penting yang mempengaruhi strategi dan tentu saja struktur. Industri berbeda dalam perkembangan peluang , peraturan, barrier of entry dan sebagainya.
Referensi:
Robbins, Stephen P. and Neil Barnwell, Organisation Theory. 4th edition, Australia, Prentice Hall 2002
http://anahuraki.lecture.ub.ac.id/files/2012/07/Bab-7-STRATEGI-ORG. diambil pada 29 Maret 2014 pukul 11.23 WIB
http://manajemenstrategis.wordpress.com/2011/06/25/strategi-bersaing-generik-dari-porter/ diambil pada 29 Maret 2014 pukul 11.25 WIB
http://sondis.blogspot.com/2013/04/penggunaan-komputer-di-pasar.html diambil pada 29 Maret 2014 pukul 11.23 WIB
http://mrasyidin.blogspot.com/2010/04/strategi-global.html diambil pada 29 Maret 2014 pukul 11.23 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar