Sabtu, 29 Maret 2014

Nama    : Audita Kurnianingrum
NIM    : 041211231067
Kelas    : Teori Organisasi  kelas J
Kelompok : 5
RESUME STRATEGI
Apa itu strategi?
Tujuan merujuk pada hasil akhir. Strategi merujuk pada cara maupun hasil akhir. Sehingga, tujuan adalah bagian dari strategi organisasi. Strategi dapat didefinisikan sebagai penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan. Dua pandangan mengenai strategi :
  1. Plannning mode (model perencanaan) : menjelaskan tentang strategi sebagai sebuah model perencanaan
  2. Evoluntionary mode (model evolusi) : strategi yang tidak selalu harus merupakan rencana yang dipikirkan secara matang dan sistematis, tetapi dapat berkembang dari waktu ke waktu.
Jenis-jenis strategi
  1. Corporate-level strategy : untuk organisasi lebih dari satu bisnis. Strategi ini menentukan peran yang harus dilakukan masing-masing bisnis di dalam organisasi.
  2. Business-level strategy : sebuah strategi umtuk menentukan bagaimana kita seharusnya dapat bersaing di masing-masing bisnis kita.
Mengklarifikasi dimensi-dimensi strategis
  1. Inovasi : menunjukkan sampai sejauh mana organisasi memperkenalkan produk atau jasa utamanya yang baru.
  2. Differensiasi dalam pemasaran : mencoba menciptakan kesetiaan para pelanggan dengan cara memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus.
  3. Breadth ; merujuk pada luasnya pasar yang dilayani perusahaan seperti variansi pelanggan, luas geografis, dan jumlah produk.
  4. Cost control : memperhatikan sejauh mana organisasi dapat mengontrol biaya sevara ketat.
Struktur strategi
  • Chandler : menyimpulkan bahwa perubahan strategi perusahaan didahului oleh dan mengakibatkan terjadinya perubahan dalam struktur sebuah organisasi. Tetapi hal ini dihambat oleh keterbatasan, karena ia hanya memfokuskan diri pada pertumbuhan bukan keuntungan sebagai ukuran keefektifan.
  • Miles and Snow : menawarkan empat kategori tipologi strategi-struktur yang memungkinkan dibuatnya prediksi struktural tertentu.
Strategi
Tujuan
Lingkungan
Karakteristik struktural
Defender
Stabilitas dan efisiensi
Stabil
Kontrol ketat, pembagian kerja yang yang ekstensif, formalisasi tinggi terpusat
Analyzer
Stabilitas dan efisiensi
Perubahan
Kontrol cukup terpust, kontrol ketat atas aktivitas yang ada, kontrol agak lepas untuk usaha baru
Prospector
Fleksibilitas
Dinamis
Struktur lepas, pembagian kerja rendah, formalisasi rendah, terdesentralisasi
  • Porter : mengajukan bahwa organisasi dapat mengejar salah satu dari empat buah strategi, yaitu :
  1. Cost leadership strategy : jika organisasi menentukan untuk menjadi produsen dengan biaya rendah di dalam industri bersangkutan.
  2. Differentitation strategy : perusahaan yang berusaha menjadi unik di dalam industrinya dengan cara-cara yang dinilai secara luas oleh para pembelinya.
  3. Focus strategy : bertujuan memperoleh keunggulan dalam bidang biaya atau diferensiasi pada segmen yang sempit untuk memanfaatkan segmen yang sempit dari sebuah pasar.
  4. Stuck in the middle : menggambarkan bahwa organisasi yang tidak mampu mendapatkan keunggulan bersaing melalui salah satu strategi terdahulu.
  • Miller : memperkenalkan sebuah kerangka kerja yang terdiri atas empat dimensi.
Dimensi
Strategi
Tantangan karakteristik
Inovasi
Untuk memahami dan mengelola produk, jenis, dsb.
Formalisasi rendah, desentraliisasi menggunakan badan koordinasi dan gugus tugas secara luas
Differensiasi pasar
Untuk memahami dan melayani preferensi pelanggan
Kompleksitas, formalisasi, desentralisasi moderat sampai tinggi
Breadth : Innovation
              


               Stability
Untuk memilih jajaran produk, layanan, dsb.
Kompleksitas tinggi, formalisasi & desentralisasi rendah
Kompleksitas, formalisasi, sentralisasi tinggi
Kontrol biaya
Untuk menghasilkan produk standar secara efisien
Formalisasi dan sentralisasi tinggi
  • Strategi imperatif : serangan pada dasarnya terletak pada upaya mempertanyakan tingkat keleluasaan yang dimiliki para manajer.
Hubungan industri dan struktur


Industri tempat beroperasinya organisasi dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi strategi dan struktur. Strategi mungkin hanyan merupakan sebuah tahapan tengah antara karateristik yang unik dari sebuah industri di mana organisasi tersebut beroperasi dan struktur digunakan untuk mencapai keterkaitan.
Sumber : Robbins, Stephen.P., Terori Organisasi : Struktur, Desain, dan Aplikasi, 1994, Prentice Hall an Imprint of Pearson Education Australia. (dialih bahasa oleh Jusuf Udaya, Lic., Ec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar