Minggu, 30 Maret 2014

ITSNANI MAULIDA ROHMAWATI
041211231233
Tugas ke-5 Teori organisasi
STRATEGY
Strategy dapat di definisikan sebagai penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran dari sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian tindakan serta lokasi dari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk melaksanakan tujuan tersebut. salah satu pandangan bisa disebut planning model. model perencanaan adalah cara yang paling tepat untuk melihat strategy.
JENIS - JENIS STRATEGY
- Corporate-Level strategy adalah strategy yang menentukan peran yang harus dilakukan masing-masing bisnis dalam organisasi.
- Bussines-Level strategy adalah strategy perusahaan yang melakukan multi bisnis, setiap divisi memiliki strategy masing-masing yang menetapkan produk dan jasa bagi perusahaan
MENGKLASIFIKASIKAN DIMENSI-DIMENSI STRATEGIS
Ada beberapa pengklasifikasian dimensi-dimensi strategis, di antaranya adalah sebagai berikut:
Inovasi.
Innovation strategy bukan berarti strategi yang hanya melakukan perubahan sederhana dan bersifat kosmetik saja dari penawaran-penawaran sebelumnya, tetapi merupakan inovasi yang berarti dan khas.
Diferensiasi dalam pemasaran.
Marketing differentiation strategy mencoba menciptakan kesetiaan para pelanggan dengan cara memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus. 
Cost Control.
Cost-control strategy memperhatikan sejauh mana organisasi itu mengontrol biaya secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya pemasaran yang tidak dibutuhkan, dan memotong harga penjualan sebuah produk dasar.
TESIS STRATEGI-STRUKTUR CHANDLER
Chandler menemukan bahwa perusahaan yang dikajinya berawal sebagai struktur yang terpusat. chandler pada dasarnya berargumentasi bahwa organisasi biasanya bermula dengan sebuah produk atau lini. dengan mengikuti teori Chandler, maka otrganisasi berhasil melakukan diversifikasi harus mempunyai struktur yang berbeda dari perusahaan yang berhasil hanya mengikuti strategy satu lini produk saja.
TEORI STRATEGI-STRUKTUR KONTEMPORER
Setelah karya Chandler pada permulaan 1960-an, penelitian yang paling penting mengenai hubungan strategi-struktur dilakukan Miles dan Snow. Selain itu, karya Michael Porter yang terkenal dengan strategi bersaingnya mempunyai relevansi langsung terhadap hubungan strategi struktur. Akhirnya, Danny Miller mengembangkan sebuah kerangka kerja menyeluruh yang membantu kita mempersatukan terminologi mengenai strategi dan menilai dampaknya terhadap rancangan struktur.
Empat Jenis Strategi Miles dan Snow
Raymond Miles dan Charles Snow mengklasifikasikan organisasi berdasarkan tingkat sejauh mana mereka mengubah produk atau pasarnya ke dalam salah satu dari keempat jenis strategi:
Defenders
Defender mencari stabilitas dengan memproduksi hanya sejumlah produk terbatas yang ditujukan pada suatu segmen sempit dari seluruh pasar yang potensial.
Prospectors
Prospectors adalah hampir kebalikannya dari defenders. Kekuatan mereka adalah menemukan dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar. Inovasi mungkin lebih penting daripada keuntungan besar. Keberhasilan prospectors bergantung pada upaya mengembangkan dan mempertahankan kapasitas untuk melakukan survey yang luas atas kondisi lingkungan, kecenderungan dan kejadian.
Analyzers
Analyzers mencoba mengambil yang terbaik dari kedua strategi tersebut di atas. Mereka mencoba meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang untuk memperoleh laba.
Reactors
Reactors mewakili strategi sisa. Nama tersebut dimaksudkan untuk menjelaskan pola-pola yang tidak konsisten dan tidak stabil yang timbul jika salah satu dari ketiga strategi lainnya dikejar secara tidak benar.
Strategi Bersaing dari Porter
Michael Porter dari Harvard Graduate School of Business berargumentasi bahwa tidak satu pun perusahaan dapat berprestasi secara berhasil pada tingkat di atas rata-rata dengan mencoba untuk menjadi segala-galanya bagi semua orang. Ia mengusulkan agar manajemen memilih strategi yang akan memberikan organisasinya suatu keunggulan bersaing (competitive advantage).
Kerangka Kerja Integratif dari Militer
Danny Miller dan Ecole des Hautes Etudes Commerciales (University of Montreal) dan McGill University mengembangkan empat dimensi strategi mengenai inovasi, diferensiasi pemasaran, breadth, dan pengendalian biaya.
HUBUNGAN INDUSTRI STRUKTUR
yang berhubungan erat dengan masalah dampak strategy terhadap struktur adalah peran industri sebagai determinan struktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar