ITSNANI MAULIDA ROHMAWATI
041211231233
Tugas ke-5 Teori organisasi
STRATEGY
Strategy
dapat di definisikan sebagai penentuan dari tujuan dasar jangka panjang
dan sasaran dari sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian
tindakan serta lokasi dari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk
melaksanakan tujuan tersebut. salah satu pandangan bisa disebut planning
model. model perencanaan adalah cara yang paling tepat untuk melihat
strategy.
JENIS - JENIS STRATEGY
- Corporate-Level strategy adalah strategy yang menentukan peran yang harus dilakukan masing-masing bisnis dalam organisasi.
-
Bussines-Level strategy adalah strategy perusahaan yang melakukan multi
bisnis, setiap divisi memiliki strategy masing-masing yang menetapkan
produk dan jasa bagi perusahaan
MENGKLASIFIKASIKAN DIMENSI-DIMENSI STRATEGIS
Ada beberapa pengklasifikasian dimensi-dimensi strategis, di antaranya adalah sebagai berikut:
Inovasi.
Innovation
strategy bukan berarti strategi yang hanya melakukan perubahan
sederhana dan bersifat kosmetik saja dari penawaran-penawaran
sebelumnya, tetapi merupakan inovasi yang berarti dan khas.
Diferensiasi dalam pemasaran.
Marketing differentiation
strategy mencoba menciptakan kesetiaan para pelanggan dengan cara
memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus.
Cost Control.
Cost-control
strategy memperhatikan sejauh mana organisasi itu mengontrol biaya
secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya
pemasaran yang tidak dibutuhkan, dan memotong harga penjualan sebuah
produk dasar.
TESIS STRATEGI-STRUKTUR CHANDLER
Chandler menemukan bahwa
perusahaan yang dikajinya berawal sebagai struktur yang terpusat.
chandler pada dasarnya berargumentasi bahwa organisasi biasanya bermula
dengan sebuah produk atau lini. dengan mengikuti teori Chandler, maka
otrganisasi berhasil melakukan diversifikasi harus mempunyai struktur
yang berbeda dari perusahaan yang berhasil hanya mengikuti strategy satu
lini produk saja.
TEORI STRATEGI-STRUKTUR KONTEMPORER
Setelah karya
Chandler pada permulaan 1960-an, penelitian yang paling penting mengenai
hubungan strategi-struktur dilakukan Miles dan Snow. Selain itu, karya
Michael Porter yang terkenal dengan strategi bersaingnya mempunyai
relevansi langsung terhadap hubungan strategi struktur. Akhirnya, Danny
Miller mengembangkan sebuah kerangka kerja menyeluruh yang membantu kita
mempersatukan terminologi mengenai strategi dan menilai dampaknya
terhadap rancangan struktur.
Empat Jenis Strategi Miles dan Snow
Raymond Miles dan
Charles Snow mengklasifikasikan organisasi berdasarkan tingkat sejauh
mana mereka mengubah produk atau pasarnya ke dalam salah satu dari
keempat jenis strategi:
Defenders
Defender mencari stabilitas dengan memproduksi
hanya sejumlah produk terbatas yang ditujukan pada suatu segmen sempit
dari seluruh pasar yang potensial.
Prospectors
Prospectors
adalah hampir kebalikannya dari defenders. Kekuatan mereka adalah
menemukan dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar. Inovasi
mungkin lebih penting daripada keuntungan besar. Keberhasilan
prospectors bergantung pada upaya mengembangkan dan mempertahankan
kapasitas untuk melakukan survey yang luas atas kondisi lingkungan,
kecenderungan dan kejadian.
Analyzers
Analyzers mencoba mengambil yang terbaik dari
kedua strategi tersebut di atas. Mereka mencoba meminimalkan risiko dan
memaksimalkan peluang untuk memperoleh laba.
Reactors
Reactors
mewakili strategi sisa. Nama tersebut dimaksudkan untuk menjelaskan
pola-pola yang tidak konsisten dan tidak stabil yang timbul jika salah
satu dari ketiga strategi lainnya dikejar secara tidak benar.
Strategi Bersaing dari Porter
Michael Porter dari Harvard
Graduate School of Business berargumentasi bahwa tidak satu pun
perusahaan dapat berprestasi secara berhasil pada tingkat di atas
rata-rata dengan mencoba untuk menjadi segala-galanya bagi semua orang.
Ia mengusulkan agar manajemen memilih strategi yang akan memberikan
organisasinya suatu keunggulan bersaing (competitive advantage).
Kerangka Kerja Integratif dari Militer
Danny Miller dan
Ecole des Hautes Etudes Commerciales (University of Montreal) dan McGill
University mengembangkan empat dimensi strategi mengenai inovasi,
diferensiasi pemasaran, breadth, dan pengendalian biaya.
HUBUNGAN INDUSTRI STRUKTUR
yang berhubungan erat dengan masalah dampak strategy terhadap struktur adalah peran industri sebagai determinan struktur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar