STRATEGI
( Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teori Organisasi Pertemuan 5 )
Oleh
M. Awaluddin Derma N : (041211231058)
Kelas : ( J )
DEPARTEMEN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2014
STRATEGI
- Definisi : penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian tindakan serta alokasi dari sumber-seumber yang dibutuhkan untuk melaksanakan tujuan tersebut.
JENIS-JENIS STRATEGI
- Corporate level strategy dan bussines level strategy.
- Corporate level strategy dari top management adalah mengintegrasikan business level strategies bagi divisi-divisi.
- Untuk organisasi kecil business dan corporate strategy sama.
MENGKLASIFIKASIKAN DIMENSI-DIMENSI STRATEGIS
- Inovasi Strategi : Bukn hanya peubahan sederhana tetapi perubahan yang signifikan dan khas.
- Diferensiasi dalam pemasaran : Menciptakan kesetiaan pelangga dengan memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus.
- Breadth : Merujuk luasnya pasar yang dilayani perusahaan ; variasi pelanggan, luas geografis dan jumlah produk.
- Cost control : Sejauh mana organisasi itu mengontrol dengan ketat.
TESIS STRATEGIS STRUKTUR CHANDLER
Dengan mengikuti teori chandler, maka organisasi yang berhasil melakukan diversifikasi harus mempunyai struktur yang berbeda dari perusahaan yang berhasil yang hanya mengikuti strategi satu lini produk saja.
PENELITIAN
Peneliti lain menemukan bahwa strategi dari bisnis yang saling berhubungan dan yang tidak berhubungan dikaitkan dengan struktur yang multidivisional, sedangkan strategi dari bisnis tunggal dihubungkan dengan struktur fungsional.
KESIMPULAN
Kelihatannya tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa strategi mempengaruhi struktur pada tingkat atas dari perusahaan bisnis. Pembuktian mengenai hal ini banyak.
TEORI STRATEGIS-STRUKTUR KONTEMPORER
4 JENIS STRATEGI MILES DAN SNOW
- Defender : mencari stabilitas dengan hanya memproduksisejumlah produk terbatas yang ditujukan pada pasar sempit dari seluruh pasar potensial.
- Prospectors : Menemukan dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar.
- Analyzers: Mengambil yang terbaik dari kedua strategi diatas. Mencoba meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang.
- Reactors: menjelaskan pola-pola yang tidak konsisten dan tidak stabil yang timbul jika salah satu dari ketiga strategi lainnya dikejar secara tidak benar
- Elemen utama teori ini adalah peilaian dari manajemen atas ketidakpastian lingkungan.
STRATEGI BERSAING DARI PORTER.
- Jika organisasi menentukan untuk menjadi produsen dengan biaya rendah didalam industry bersangkutan, mak organisasi itu menganut kepemimpinan dalam biaya
- Perusahaaan yang ingin menjadi unik didalam industrinya dengan cara-cara yang diniai secara luas oleh para pembelinya , mengikuti differensiasi.
- Fokus strategi bertujuan untuk memperoleh keunggulan dalam biaya atau differensiasi pada segmen yang sempit.
KETERBATASAN STRATEGI IMPERATIVE
Jika sebuah organisasi menghadapi persaingan yang minim, maka akan ada kelambatan yang cukup nyata antara perubahan dalam strategi dan modifikasi dari struktur.
DAPATKAH STRATEGI MENGIKUTI STRUKTUR
Sebuah penelitian mengenai 54 perusahaan yang disebutkan setengah bagian atas dari daftar fortune 500 menemukan bahwa struktur mempengaruhi dan menghambat strategi simpulan tersebut, maka kita dapat mengatakan bahwa sebagai sebuah determinan structural, peranan strategi terbatas
HUBUNGAN INDUSTRI STRUKTUR
Strategi mungkin hanya merupakan sebuah tahapan tengah antara karakteristik yang unik dari sebuah industri dimana organisasi tersebut beroperasi dan struktur yang digunakan untuk mencapai keterkaitan.
Daftar pustaka :
Buku Teori organisasi , Stephen P. Robbins.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar