Nama : Roy Qurrotu Ainin
NIM : 041211231247
Kelas : J
Prodi : S1 Manajemen
Prodi : S1 Manajemen
STRATEGI
Strategi dapat didefinisikan sebagai penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran dari sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian tindakan serta alokasi dari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk melaksanakan tujuan tersebut. Salah satu pandangan bisa disebut planning mode (model perencanaan). Model perencanaan adalah cara yang paling tepat untuk melihat strategi.
JENIS-JENIS STRATEGI
- Corporate-level strategy adalah strategi yang menentukan peran yang harus dilakukan masing-masing bisnis dalam organisasi.
- Business-level strategy adalah strategi perusahaan yang melakukan multi bisnis, setiap divisi memiliki strategi masing-masing yang menetapkan produk dan jasa bagi perusahaan.
MENGKLASIFIKASIKAN DIMENSI-DIMENSI STRATEGIS
- Inovasi. Strategi yang menciptakan ciri khas pada suatu produk atau jasa.
- Diferensiasi dalam pemasaran. Strategi yang berusaha menciptakan kesetiaan para pelanggan dengan cara memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus.
- Breadth. Strategi yang merujuk pada luasnya pasar yang dilayani perusahaan : variasi pelanggan, luas geografis, dan jumlah produk.
- Cost Control. Strategi yang mengontrol biaya secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya pemasaran yang tidak dibutuhkan, dan memotong harga penjualan sebuah produk dasar.
TESIS STRATEGI-STRUKTUR CHANDLER
Chandler menemukan bahwa perusahaan yang dikajinya berawal sebagai struktur yang terpusat. Chandler pada dasarnya berargumentasi bahwa organisasi biasanya bermula dengan sebuah produk atau lini. Dengan mengikuti teori Chandler, maka organisasi berhasil melakukan diversifikasi harus mempunyai struktur yang berbeda dari perusahaan yang berhasil hanya mengikuti strategi satu lini produk saja.
Kesimpulan
Klaim Chandler bahwa strategi mempengaruhi struktur tampaknya ditopang dengan baik, tetapi generalisasi tersebut dihambat oleh keterbatasan dan definisi yang melekat pada karya Chandler. Namun demikian, “kelihatannya tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa strategi mempengaruhi struktur pada tingkat atas dari perusahaan bisnis. Pembuktian mengenai hal ini sangat banyak.”
TEORI STRATEGI-STRATEGI KONTEMPORER
Empat Jenis Strategi Miles dan Snow
- Defender mencari stabilitas dengan memproduksi hanya sejumlah produk terbatas yang ditujukan pada suatu segmen sempit dari seluruh pasar potensial.
- Prospectors menemukan dan mengekploitasi produk baru dan peluang pasar.
- Analyzers mencoba mengambil yang terbaik dari kedua strategi tersebut. Dan mencari fleksibelitas dan stabilitas.
- Reactors mewakili strategi sisa.
Strategi Bersaing dari Porter
- Differentiation focus merupakan pihak manajemen akan memilih salah satu atau sejumlah segmen didalam sebuah industri da menyesuaikan strategi untuk pelanggan dan mengesampingkan yang lain.
- Cost leadership bertujuan untuk mencapai efisiensi melalui kontrol yang ketat, dan penekanan biaya tidak langsung, dan economics of scale.
Kerangka Kerja Integratif dari Miller
- Inovasi
- Diferensiasi Pasar
- Breadth
- Kontrol biaya
KETERBATASAN STRATEGI IMPERATIVE
- Tidak dapat menentukan struktur
- Faktor keterlambatan
HUBUNGAN INDUSTRI STRUKTUR
Yang berhubungan erat dengan masalah dampak strategi terhadap struktur adalah peran industri sebagai determinan struktur.
Ada karakteristik yang mencolok dari industri yang mempengaruhi strategi yang akan mereka pilih. Industri tempat beroperasinya organisasi dianggap sebagai factor penting yang mempengaruhi strategi dan struktur. Kebanyakan perusahaan dalam sebuah industri tertentu mempunyai kesamaan dalam karakteristik-karakteristik tersebut. Hasilnya adalah bahwa perusahaan dalam kategori-kategori industri cenderung mempunyai struktur yang sama.
stephen P. Robbins
Tidak ada komentar:
Posting Komentar