Sabtu, 29 Maret 2014




STRATEGI
Definisi Strategi
Menurut artikel Chandler Strategi dapat didefinisikan sebagai dasar penentuan tujuan jangka panjang suatu perusahaan, dan pengadopsian tindakan dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan tujuan organisasi.
Contohnya seperti pengambilan keputusan untuk memperluas volume aktifitas, untuk membuka cabang baru atau kantor baru, atau untuk bergerak kedalam sebuah fungsi ekonomi baru atau untuk menjadi diversifikasi diantara banyaknya keterlibatan bisnis dan mendefinisikan tujuan dasar
Perspektif Strategi.
1. Planning mode
   Strategi sebagai sebuah model perencanaan atau kumpulan pedoman eksplisit yang dikembangkan sebelumnya.

2. Evolutionary mode.
   Strategi berkembang dari waktu ke waktu dan tidak harus selalu merupakan rencana yang matang dan sistematis.
 Strategi Imperative





Jenis-Jenis Strategi
  • Societal strategi
  • Corporate level Strategy
Apabila sebuah perusahaan bergerak dalam satu atau lebih lini bisnis , maka perusahaan tersebut akan membutuhkan Strategi Tingkat Perusahaan. Strategi ini menjelaskan bagaimana cara menjawab pertanyaan “dalam tipe bisnis apa kita harus berada?“. Strategi tingkat perusahaan berupaya untuk mendefinisikan sifat dan lingkungan bisnis, dalam sifat bisnis mana perusahaan akan beroperasi.
  • Business Level Strategy
Strategi tingkat bisnis disini berpacu untuk menjawab pertanyaan “bagaimana kita harus berkompetisi dalam setiap bisnis kita?”.Untuk sebuah organisasi kecil yang hanya bergerak dalam bidang satu lini bisnis kecil , atau perusahaan besar yang telah menghindari diversifikasi, Strategi tingkat bisnis ini sama saja seperti Strategi tingkat perusahaan. Melainkan dengan perusahaan besar yang memiliki banyak bisnis dalam setiap divisinya akan memiliki strateginya sendiri yang mendefinisikan produk atau jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Maka Strategi Tingkat Bisnis mengacu kepada strategi yang disesuaikan dengan unit bisnis dari organisasi.


  • Fungsional Level Strategy
Dimensi Strategi
    1. Inovasi: Sampai sejauh mana organisasi meperkenalkan produk atau jasa utamanya yang baru, dan yang berarti dan khas.Marketing
    2. Diferensiasi dalam pemasaran: yaitu mencoba menciptakan kesetiaan para pelangga dengan cara memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus.misalnya iklan, segmentasi pasar dan harga yang bersaing
    3. Breadth Strategy ialah merujuk pada luasnya pasar yang dilayani perusahaan; variasi pelanggan, luas geografis dan jumlah produk
    4. Cost Control strategy yaitu memperhatikan sejauh mana organisasi itu mengontrol biaya secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya pemasaran yang tidak di butuhkan, dan memotong harga penjualan sebuah produk dasar.


Penelitian tentang struktur-struktur
A. Alfred Chandler.
       perubahan strategi   ->       perubahan struktur
Kesimpulan :
 1. Organisasi dengan strategi produk yang sederhana   :
    struktur sederhana/ efisien : sentralisasi tinggi, formalisasi rendah,   kompleksitas rendah.
2. Pertumbuhan organisasi  -> strategi integrasi vertical  : Struktur fungsional
3. Strategi diversifikasi produk   :  Struktur divisional


Kelemahan :
  • Strategi hanya dianggap sebagai strategi pertumbuhan
  • Ukuran keefektifan yaitu pertumbuhan dan bukan keuntungan.
  • Penelitian hanya berfokus pada perusahan bisnis besar
Teori Strateg Struktur Kontemporer
Strategi Miles and Snow
      ->  sejauhmana mereka mengubah produk atau pasarnya.
Empat jenis strategi :
    • Defender, mencari stabilitas, dengan hanya memproduksi sejumlah produk terbatas.
                  Dimensi struktur : diffrensiasi horizontal tinggi, sentralisasi.
    • Prospector, menemukan dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar. Strukturnya : desentralisasi, formalisasi rendah, rutinisasi dan mekanisasi yang rendah.
    • Analyzers, meminimalkan resiko dan memaksimalkan untuk memperoleh laba   -> fleksibilitas dan stabilitas.
                 Struktur bagian tertentu : standarisasi, rutinisasi dll,
                 sedangkan yg   lain adaptif,  fleksibilitas.
    • Reactors, untuk strategi yang tidak jelas.

Strategi bersaing dari Michael Porter.
3 Jenis Strategi :
  1. Cost leadership strategy : Efisiensi operasi, economies of scale, inovasi tehnologi, biaya buruh rendah. Struktur : kompleksitas tinggi, sentralisasi, formalisasi tinggi.
  2. Diffrentiation strategy : kualitas, inovatif, brand image. Struktur : desentralisasi , formalisasi rendah, kompleksitas rendah.
  3. Focus strategy, bertujuan memperoleh keunggulan dalam biaya atau difrensiasi pada segmen yang sempit.
 D.Kerangka kerja integrative dari Danny Miller

4 dimensi strategi :
  • Inovasi
  • Strategi pemasaran
  • Breadth
  • Pengendalian biaya



Keterbatasan Strategi Organisasi
  • Dampak strategi akan lebih besar pada permulaan periode pengembangan organisasi.
  • Ratio antara modal dan tenaga kerja dalam sebuah organisasi akan mempengaruhi struktur
  • Adanya kelambatan struktur dalam men anggapi  perubahan strategi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar