Resume Teori Organisasi dari Stephen P. Robbins Edisi 3
Oleh
Zunairoh
(041211231242)
BAB V
STRATEGI
DEFINISI STRATEGI
Strategi merupakan penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian tindakan serta alokasi dari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk melaksanakan tujuan tersebut.
PERBANDINGAN STRATEGI TINGKAT BISNIS DENGAN TINGKAT CORPORATE
Tingkat bisnis
|
Tingkat corporate
|
|
Jika sebuah organisasi berada dalam lebih dari satu bisnis.
Bidang bisnis apa yang harus digeluti
Menentukan peran yang harus dilakukan dalam masing-masing bisnis
|
DIMENSI-DIMENSI STRATEGI
- Inovasi, yakni bukan hanya memberikan inovasi sederhana, melainkan memberikan inovasi yang berarti dank has.
- Differensiasi dalam pemasaran, mencoba menciptakan kesan yang menguntungkan bagi produk-produknya melalui iklan, segmentasi pasar, dan harga yang bersaing.
- Breadth, cakupan pasar yang dilayani perusahaan, baik dalam aspek variasi pelanggan, luas geografis, ataupun jumlah penduduk.
- Cost control, pengontrolan biaya
STRUKTUR MENGIKUTI STRATEGI OLEH CHANDLER
Klaim Chandler menyimpulkan bahwa strategi mempengaruhi struktur tampaknya ditopang dengan baik, tetapi generalisasi tersebut dihambat oleh keterbatasan dan definisi yang melekat pada karya Chandler. Ia hanya melihat organisasi besar, organisasi yang mencari laba. Ia memfokuskan diri pada prtumbuhan, bukan keuntungan, sebagai ukuran keefektifan. Selain itu, definisinya tentang strategi jauh dari pasti. Kelihatannya tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa strategi mempengaruhi struktur pada tingkat atas pada perusahaan bisnis.
EMPAT JENIS STRATEGI MILES DAN SNOW
strategi
|
tujuan
|
lingkungan
|
Karakteristik struktural
|
Defender
|
Stabilitas dan efisiensi
|
Stabil
|
Control ketat, pembagian kerja yang ekstensif, formalisasi tinggi, terpusat.
|
Analyzer
|
Stabilitas dan efisiensi
|
Perubahan
|
Control cukup terpusat, control ketat atas aktivitas yang ada, control agak lepas untuk usaha baru.
|
prospector
|
fleksibilitas
|
dinamis
|
Struktur lepas, pembagian kerja rendah, formalisasi rendah, desentralisasi.
|
STRUKTURAL STRATEGI BERSAING OLEH PORTER
Porter mengajukan bahwa organisasi dapat mengejar salah satu dari empat buah strategi, cost leadership, differentiation, focus dan stuck-in-the middle. Prediksi structural tentu dapat dibuat bagi dua strategi pertama.
KERANGKA KERJA INTEGRATIVE STRATEGY STRUCTURE DARI MILER
Dimensi
|
strategik
|
Tantangan karakteristik structural yang diramalkan
|
Inovasi
|
Untuk memahami dan mengelola produk, jenis pelanggan, teknologi, serta pasar.
|
Pengamatan pasar untuk melihat kebutuhan pelanggan, formalisasi rendah, desentralisasi, menggunkana badan koordinasi dan gugus tugas secara luas.
|
Differensiasi pasar
|
Untuk memahami dan melayani prefensi pelanggan.
|
Ompleksitas moderat sampai tinggi, pengamatan yang ekstensif serta analisis atas tanggapan pelanggan dan strategi pesaing, formalisasi moderat tinggi, desentralisasi moderat.
|
Breadth
|
Untuk memilih jajaran produk, layanan, pelanggan dan wilayah yang tepat.
|
Kompleksitas tinggi, sentralisasi tinggi
|
Control biaya
|
Untuk menghasilkan produk standart secara efisien.
|
Formalisasi tinggi, sentralisasi tinggi.
|
HUBUNGAN INDUSTRI-STRUKTUR
Industry tempat beroperasinya organisasi dianggap sebagai factor penting yang memengaruhi strategi dan oleh karenanya, struktur. Industry berbeda-beda dalam kemumhkinan pengembangannya, kendali peraturan pemerintah, hambatan untuk memasuki industry tersebut, kebanyakan industry mempunyai karakteristik-karakteristik tersebut, sehingga perusahan yang berkategori yang sama cenderung mempunyai struktur yang sama pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar