Tugas resume bab 5
Nama: Evi Novita Dewi Damayanti
NIM: 041211232044
Kelompok: 7
Strategi
Menurut artikel Chandler Strategi dapat didefinisikan sebagai dasar penentuan tujuan jangka panjang suatu perusahaan, dan pengadopsian tindakan dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan tujuan organisasi.
Modus Perencanaan
Pandangan pertama dapat disebut dengan modus perencanaan. Modus perencanaan menjelaskan dan melihat bahwa strategi sebagai rencana dan seperangkat panduan sistematis yang dikembangkan. Manajer mengidentifikasi kemana mereka akan bertujuan, yang kemudian mereka akan mengembangkan sebuah rencana sistematis dan terstruktur untuk mencapai tujuan.Strategi ini memainkan peran yang signifikan, banyak yang menganggap bahwa modus perencanaan sebagai bentuk ideal tekad strategi dan sampai baru-baru ini didominasi sudut pandang teori organisasi
Modus Evolusioner
Perspektif yang mengakui proses kompleks yang terlibat dalam pembentukan strategi adalah apa yang kita sebut modus evolusioner. Modus Evolusioner adalah modus yang memandang bahwa strategi keputusan penting yang mengalir dalam arti lain berkembang dari waktu-waktu. Modus ini tidak memandang strategi sebagai rencana yang sudah sistematis.
Tingkat Strategi
Perusahaan yang bergerak dalam beberapa bidang bisnis, perlu mengembangkan strategi berbeda untuk beberapa tingkat aktifitas. Maka karena itu sangatlah penting untuk membedakan antara strategi tingkat perusahaan dan strategi tingkat bisnis.
Corporate Level Strategy (Startegi tingkat perusahaan)
Apabila sebuah perusahaan bergerak dalam satu atau lebih lini bisnis , maka perusahaan tersebut akan membutuhkan Strategi Tingkat Perusahaan.
Business Level Strategy (Strategi Tingkat Bisnis)
Strategi tingkat bisnis disini berpacu untuk menjawab pertanyaan “bagaimana kita harus berkompetisi dalam setiap bisnis kita?”.Untuk sebuah organisasi kecil yang hanya bergerak dalam bidang satu lini bisnis kecil , atau perusahaan besar yang telah menghindari diversifikasi, Strategi tingkat bisnis ini sama saja seperti Strategi tingkat perusahaan.
Miles and Snow’s Four Strategic Types
Raymond Miles dan Charles Snow mengklasifikasikan organisasi kedalam empat tipe berdasarkan pada tingkat dimana mereka mengubah produk atau pasar. Mereka menamakan tipe ini Defenders , Prospectors , Analysers , Reactors.
Defenders
Mengacu kepada stabilitas dengan memproduksi hanya sebuah produk yang terbatas pada sebuah segmen yang kecil, dari beberapa segmen pasar yang ada. Dalam lini pasar yang terbatas ini Defenders berjuang sekuat-kuatnya untuk mencegah para competitor dari memasuki pasar mereka. Maka karena itu Defenders disini adalah sebuah perusahaan yang yang strateginya adalah untuk memproduksi dan menghasilkan sebuah produk yang terbatas dan diarahan pada segmen yang sempit dari semua pasar potensial.
Prospectors
Prospector disini hampir kebalikanya dari defenders. Kekuatan dari Prospector adalah berada dalam pencarian dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar. Maka karena itu Prospector disini adalah organisasi yang strateginya adalah untuk mencari dan mengeksploitasi produk baru dan peluang pasar.
Analysers
Adalah sebuh organisasi yang strateginya adalah untuk berpindah untuk membuat produk baru atau pasar baru hanya apabila kelangsungan mereka dapat dibuktikan oleh prospectors.
Reactors
Yang tersisa dan menggambarkan sebuah organisasi yang mengikuti pola yang tidak stabil dan tidak konsisten. Ketika salah satu dari tiga strategi lainnya bekerja secara tidak benar Secara umum tanggapan reaktor tidak dapat diprediksi, berkinerja buruk dan sebagai hasilnya enggan untuk melibatkan diri secara agresif untuk strategi tertentu di masa depan.
Dimensi-dimensi strategi yaitu:
a. Inovasi: Sampai sejauh mana organisasi meperkenalkan produk yang baru, dan yang berarti dan khas.
b. Diferensiasi dalam pemasaran: yaitu mencoba menciptakan kesetiaan para pelangga dengan cara memenuhi kebutuhan khusus.misalnya iklan, segmentasi pasar dan harga yang bersaing.
c. Pasar yang dilayani pelanggan, luas geografis dan jumlah produk d. Cost Control strategy yaitu memperhatikan sejauh mana organisasi itu mengontrol biaya secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya pemasaran yang tidak di butuhkan, dan memotong sebuah produk dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar