Sabtu, 29 Maret 2014

Nama     : Atina Intan C.            NIM : 041211231096                Kelas : j
Tugas Resume Teori Organisasi
Bab 5 “Strategi”
    Strategi merupakan penentuan dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan, dan menerima dari serangkaian tindakan serta alokasi dari sumber-sumber yang dibutuhkan untuk melakukan tujuan tersebut. Serangkaian tindakan yang baru harus dicanangkan dan sumber-sumber dialokasikan dan direalokasikan untuk dapat mencapai tujuan tersebut dan untuk mempertahankan dan memperluas aktifitas perusahaan di bidang yang baru sebagai tanggapan terhadap permintaan yang berubah.
Ada 2 Perspektif strategi, yaitu :
  1. Planning Mode
Strategi sebagai model perencanaan/ pedoman eksplisit yang sudah dikembangkan sebelumnya
  1. Evolutionary Mode (model evolusi)
Strategi tidak selalu harus merupakan rencana yang dipikirkan secara matang dan sistematis. Tetapi, berkembang dari waktu ke waktu sebagai pola dari arus keputusan.
Jenis-jenis strategi ada  :
  1. Corporate Level Strategy
Diperlukan jika organisasi berada dalam lebih dari satu bisnis. Untuk mengetahui, bidang bisnis apa yang harus kita geluti. Dan untuk menentukan peran yang harus dilakukan di masing-masing bisnis organisasi
  1. Business Level Strategy
Untuk perusahaan kecil, biasanya business level sama dengan corporate level. Berguna untuk mengetahui bagaimana seharusnya kita dapat bersaing dalam masing-masing bisnis kita.
Mengklasifikasikan Dimensi-Dimensi Strategis, diantaranya :
Inovasi
    Sampai sejauh mana organisasi melakukan inovasi produk/jasa. Dan supaya produk itu menjadi khas dan berbeda dari produk lain.
Diferensiasi dalam pemasaran
    Menciptakan kesetiaan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan tertentu secara khusus.
Breadth
Luasnya pasar yang dilayani perusahaan, termasuk variasi pelanggan, luas geografis, dan umlah produk
Cost control
Organisasi mengontrol biaya dengan ketat, tidak ada inovasi dan  biaya pemasaran, dan memotong harga jual produk dasar
Tesis Strategi-Struktur Chandler
  • Strategi baru membutuhkan struktur yang baru atau paling tidak struktur yang diperbaharui jika perusahaan yang makin besar tersebut harus dapat dioperasikan secara efisien... kecuali jika struktur tidak mengikuti strategi, maka akan timbul ketidakefisienan.
  • Pertumbuhan dan diversifikasi menimbulkan kebutuhan akan sebuah struktur multidivisional yang berdiri sendiri.
  • Jika tidak dikembangkan struktur baru untuk memenuhi kebutuhan administrasi baru yang disebabkan oleh ekspansi dari aktivitas sebuah perusahaan ke dalam daerah, fungsi atau lini produk; keuntungan dari pertumbuhan teknologi, financial, dan personalia serta besaran tidak akan dapat direalisasikan.
Teori Strategi-Struktur Kontemporer
  • Empat jenis strategi Milles dan Snow
STRATEGI
TUJUAN
LINGKUNGAN
KARAKTERISTIK STRUKTURAL
Defender
Stabilitas dan Efisiensi
Stabil
Kontrol ketat, pembagian kerja ekstensif, formalisasi tinggi, terpusat
Reactor
Stabilitas dan Efisiensi
Stabil
Strategi sisa, menjelaskan pola yang tidak konsusten. Memberikan tanggapan yang tidak benar, berprestasi buruk, dan segan mengikatkan diri pada strategi tertentu di masa depan
Analyzer
Stabilitas dan Efisiensi
Perubahan
Kontrol cukup terpusat, kontrol ketat pada aktivitas, kontrol agak lepas untuk usaha baru
Prospector
Fleksibilitas
Dinamis
Struktur lepas, pembagian kerja rendah, formalisasi rendah, desentralisasi


  • Strategi Bersaing dari Porter
  • Cost leadership – kepemimpinan biaya : Efisiensi operasi, economies of scale, inovasi teknologi, biaya TK rendah, akses pada bahan baku.
Strukturnya: kompleksitas tinggi, formalisasi tinggi, sentralisasi
  • Diferensiasi : unik dalam industrinya, kualitas yang tinggi, pelayanan istimewa, rancangan inovatif, kemampuan teknik, brand image positif, punya atribut yang berbeda dengan pesaing .
Strukturnya: kompleksitas rendah, formalisasi rendah, desentralisasi
  • Fokus : sama dengan dua yang diatas, cost focus atau differentiation focus. hanya saja, dilakukan pada segmen yang sempit.
Stuck in the middle adalah gambaran organisasi yang tidak mampu mendapatkan keunggulan bersaing melalui strategi terahulu.
  • Kerangka Kerja Integratif dari Miller
DIMENSI
STRATEGIK
TANTANGAN KARAKTERISTIK STRUKTURAL
KONSEP AWAL
Inovasi
Memahami dan mengelola produk, jenis pelanggan, teknologi, dan pasar
Pengamatan pasar ttg pelanggan, formalisasi rendah, desentralisasi, gunakan badan koordinasi dan gugus tugas secara luas

Diferensiasi Pasar
Memahami dan melayani preferensi pelanggan
Kompleksitas medium-tinggi, pengamatan ekstensif dan analisis pelanggan dan strategi pesaing, formalisasi medium-tinggi, desentralisasi medium
Strategi prospector Miles dan Snow
Breadth-innovation
Breadth-Stability
Memilih jajaran produk, layanan, pelanggan, dan wilayah
  • Kompleksitas tinggi, formalisasi rendah, desentralisasi
  • Kompleksitas tinggi, formalisasi tinggi, sentralisasi tinggi
Diversifikasi produk dari Chandler
Kontrol Biaya
Menghasilkan produk standar secara efisien
Formalisasi tinggi, sentralisasi tinggi
Cost Leadership dari Porter
Keterbatasan Strategi Imperative
Bahwa jika sebuah organisasi menghadapi persaingan yang minim, maka akan ada kelambatan yang cukup nyata antara perubahan dalam strategi dan modifikasi dari struktur.
Dapatkah Strategi Mengikuti Struktur ?
Bahwa struktur mempengaruhi dan menghambat strategi ketimbang kebalikannya, jika penelitian mendukung kesimpulan tersebut maka dapat dikatakan bahwa sebagai sebuah determinan struktural, peranan strategi terbatas.
Hubungan Industri-Struktur
industri            Strategi            Struktur
  • strategi merupakan variabel antara dari karakteristik industri yang berpengaruh pada struktur.


  • industri yang sama, umumnya, menyebabkan organisasi-organisasi yang beroperasi di dalamnya memiliki karakter struktural yang agak mirip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar