Nama : Juniati Panjaitan
Nim : 041211231017
Teori Organisasi
STRATEGI
Apa itu strategi?
Strategi adalah penentu dari tujuan dasar jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan, dan penerimaan dari serangkaian tindakan serta alokasi dari sumber – sumber yang dibutuhkan unttuk melaksanakan tujuan tersebut. Para manager mengidentifikasikan arah tujuan mereka; kemudian mereka mengembangkan rencana yang sistematis dan terstruktur untuk mencapai hal tersebut.
Jenis jenis strategi
Ada 4 yaitu ; Strategi Integrasi yang meliputi strategi integrasi depan,integrasi belakang,dan integrasi horizontal. Kelompok strategi yang kedua adalah strategi intensif yang meliputi mencari pangsa pasar,mengembangkan pasar dan mengembangkan produk. Selanjutnya adalah kelompok strategi diversifikasi yang meliputi strategi diversifikasi terkait dan tidak terkait. Serta kelompok strategi yang terakhir adalah strategi defensive. Bagi perusahaan yang melakukan muti bisnis , setiap devisi akan mempunya strategi masing masing yang menetapkan produk atau jasa yang akan ditawarkan, para pelanggan yang akan dicapainya.
Mengklasifikasikan Dimensi – Dimensi strategis
- INOVASI
Innovation strategy bukan berarti stratgy yang hanya melakukan perubahan sederjana dan bersifat kosmetik saja dari penawaran – penawaran sebelumnya, tetapi merupakan inovasi yang berarti dan kas.
- Diferensiasi dalam Pemasaran
Differentiation strategy mencoba mencitakan kesetiaan para pelanggan dengan cara memenuhi kebutuhan konsumen. Dangan cara menciptakan kesan yang menguntungkan melalui iklan, segmentasi pasar, dan harga yang bersaing.
- Breadth. Breadth strategy merujuk pada luasnya pasar yang dilayani perusahaan.
- Cost Control
Memperhatikan sejauh mana organisasi itu mengontrol biaya secara ketat, menjauhkan diri dari pembuatan inovasi atau biaya pemasaran yang tidak dibutuhkan.
Empat jenis strategi miles dan snow
- prospectors adalah jenis perusahaan yang menggunakan strategi yang mementingkan pada inovasi, dan kreativitas untuk menciptakan produk baru atau pasar baru. Perusahaan berusaha untuk selalu menjadi pioneer dalam bersaing, dan rela mengorbankan internal efisiensi untuk berinovasi, dan kreasi.
- Defenders, yaitu organisasi yang menekankan penggunaan strategi stabilitas, dan kelangsungan hidup usaha. Perusahaan ini sangat mempertahankan inti bisnisnya atau core business, tanpa banyak melalukan perubahan. Perhatian pimpinan organisasi pada stabilitas jangka panjang.
- Analyzers, yaitu perusahaan yang menggunakan strategi diantara defenders, dan prospectors. Artinya perusahaan ini tidak terlalu berani mengambil resiko besar dalam berinovasi, tetapi tetap berusaha menciptakan keunggulan dalam pelayanannya kepada pasar.
- Reactors, yaitu jenis perusahaan yang lebih banyak ditekan oleh lingkungan, karena kurang memperhatikan adanya perubahan lingkungan dan sistem persaingan. Perusahaan jenis ini lebih mementingkan efisiensi, menekan biaya termasuk menekan pada sumberdaya manusia
Strategi bersaing dari porter
Menurut Michael Porter, ada tiga landasan strategi yang dapat membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus. Porter menamakan ketiganya strategi umum (strategi generik). Keunggulan biaya menekankan pada pembuatan produk standar dengan biaya per unit sangat rendah untuk konsumen yang peka terhadap perubahan harga. Diferensiasi adalah strategi dengan tujuan membuat produk yang menyediakan jasa yang dianggap unik di seluruh industri dan ditujukan kepada konsumen yang tidak terlalu peduli dengan perubahan harga. Fokus berarti membuat produk dan menyediakan jasa yang memenuhi keperluan sejumlah kelompok kecil konsumen.
Kerangka kerja integratif dari miller
Dimensi : inovasi > untuk memahami dan mengelola produk, jenis pelanggan, teknologi, serta pasar
Diferensiasi > untuk memahami dan melayani preferensi pelanggan.
Breadth > untuk memilih jajaran produk, layanan pelanggan dan wilayah yang tepat.
Kontrol biaya > untuk menghasilkan produk standar secara efesien
Hubungan industri – struktur
INDUSTRI STRATEGI STRUKTUR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar